Monday, 5 October 2015

bahan ajar interaktif inovatif

PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF
STRUKTUR BUMI KELAS V SD/MI
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengembangan Sumber Belajar
Dosen Pengampu : Andi Prastowo, S.Pd.I, M.Pd.
Description: D:\KULIAAAHKUU\Sem.1\logo.png








Oleh :
Benny Mu’alim (12480080)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga makalah ini dapat  diselesaikan dengan baik dan tanpa halangan suatu apapun. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengembangan Sumber Belajar.
Makalah ini bertajuk “Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Struktur Bumi Kelas V SD/MI”, berisikan tentang pengertian bahan ajar interaktif, proses pembuatan bahan ajar interaktif dan penutup.
Pembuatan makalah ini terlaksana atas bantuan dari beberapa pihak, sehingga tidak lupa penyusun ucapkan terimakasih kepada :
1.      Allah SWT, yang telah memberikan karunia-Nya sehingga dapat menyelesaikan makalah ini.
2.      Ayah Ibu terhebat penulis yang senantiasa memberi doa, dukungan dan apapun yang sangat luar biasa,
3.      Andi Prastowo, M.Pd. I., selaku pengampu dan pembimbing kami pada mata kuliah Pengembangan Sumber Belajar,
4.      Teman-teman dan semua pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah ini.
Akhirnya penyusun berharap makalah ini bermanfaat bagi pembaca sekalian ataupun bagi penulis sendiri. Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penyusun mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi penyempurnaan makalah di kemudian hari.

Yogyakarta,  20 Mei  2015

Penulis



BAB I

PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG

Proses pembelajaran dilakukan guna memberikan pengetahauan yang belum dipahami peserta didik maupun mengembangkan pengetahuan yang telah dipahami peserta didik. Mengingat tujuan pembelajaran tersebut makanya perlu ada timbal balik dari peserta didik agar peserta didik dapat memahami lebih dalam dari materi pembelajaran yang disampaikan. Untuk menciptakan hubungan timbal balik antara pendidik dan peserta didik seperti yang diinginkan diperlukan kesungguhan antara keduanya. Dalam menggali kesungguhan pada peserta didik terkadang merupakan hal yang tidak mudah. Hal ini membutuhkan teknik yang bervariasi. Salah satu hal yang bisa divariasi selain tekniknya adalah dalam hal penggunaan bahan ajar.
Bahan ajar yang dapat digunakan oleh pendidik sangatlah banyak. Bahan ajar ini penting untuk divariasikan dalam pembelajaran agar peserta didik tidaklah mudah bosan karena bahan ajar yang digunakan hanya monoton saja. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dan termasuk bahan ajar yang menarik juga bagi peserta didik adalah bahan ajar interaktif. Memang bahan ajar ini membutuhkan perangkat atau media pendukung seperti komputer/laptop dan LCD proyektor. Meskipun demikian, bukan menjadi halangan untuk seorang pendidik mengembangkan bahan ajar ini, mengingat semakin berkembangnya teknologi saat ini. Dengan berkembangnya teknologi inilah seorang pendidik dituntut untuk bisa memanfaatkan dengan bijak kemajuan ini. Pemanfaatan tersebut salah satunya yaitu dalam penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran dan bahan ajar interaktif ini dapat menjadi rujukan untuk dikembangkan.

B.     RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan permasalahannya:
1.      Apa pengertian bahan ajar interaktif?
2.      Apa saja unsur penyusun bahan ajar interaktif?
3.      Bagaimana langkah pembuatan bahan ajar interaktif?

BAB II

PEMBAHASAN

A.    Apakah Bahan Ajar Interaktif Itu?
Menurut Guidelines for Bibliographic Description of Interactive Multimedia dalam Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar (2004), bahan ajar interaktif adalah kombinasi dari dua atau lebih media (audio, teks, grafik, gambar, dan video) yang oleh penggunanya dimanipulasi untuk mengendalikan perintah dan atau perilaku alami dari suatu presentasi.
Bahan ajar interaktif juga dapat disimpulkan sebagai bahan ajar yang mengombinasikan beberapa media pembelajaran (audio, video, teks, atau grafik) yang bersifat interaktif untuk mengendalikan suatu perintah atau perilaku alami dari suatu presentasi. Dengan demikian, terjadi hubungan dua arah antara bahan ajar dan penggunanya. Sehingga, kalau proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan bahan ajar seperti ini, peserta didik dapat terdorong untuk bersikap aktif.

B.     Arti Penting Bahan Ajar Interaktif bagi Pembelajaran
Pemanfaatan komputer untuk program pembelajaran dapat dijalankan oleh peserta didik secara langsung atau terkoneksi dengan komputerlain. Menurut Anderson (1987), kemajuan kemampuan komputer untuk secara cepat berinteraksi dengan individu, menyimpan dan pemproses sejumlah besar informasi, serta bergabung dengan media lain untuk menampilkan serangkaian besar stimulasi audiovisual, menjadikan komputer sebagai media yang dominan dalam bidang pembelajaran.
Komputer yang digunakan peserta didik dalam proses pembelajaran biasanya berbentuk stand alone atau komputer terminal yang terkait dengan komputer utama. Jaringan kerja komputer (nasional ataupun internasional) dapat memungkinkan peserta didik untuk mengakses ke data base  dari jarak jauh. Selain itu, jaringan kerja komputer juga memungkinkan peserta didik untuk berkomunikasi dengan pengguna komputer lainnya menggunakan email atau komputer conferencing. Informasi dalam bentuk kata-kata, suara, gambar, dan animasi, sekarang telah tersedia untuk peserta didik dalam bentuk CD-ROM yang dihubungkan dengan personal komputer (PC).

C.    Kelebihan dan Kekurangan Bahan Ajar Berbasis Komputer

Kelebihan
Kekurangan
Dapat menayangkan informasi dalam bentuk teks dan grafik
Memerlukan komputer dan pengetahuan program
Interaktif dengan peserta didik
Membutuhkan hardware khusus untuk proses pengembangan dan penggunaannya
Dapat mengelola laporan atau respon peserta didik
Resolusi untuk image grafik sangat terbatas pada system microprocessor
Dapat diadaptasi sesuai kebutuhan peserta didik
Hanya efektif jika digunakan untuk mengguanaan seseorang atau beberapa orang dalam kurun waktu tertentu
Dapat mengontrol hardware media lain
Tidak kompatibel antarjenis yang ada
Dapai dihubungkan dengan video untuk mengawasi kegiatan belajar peserta didik


D.    Unsur-Unsur Penyusunan Bahan Ajar Interaktif
Berdasarkan strukturnya, bahan ajar interaktif dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu CD interaktif dan orang. Struktur bahan ajar yang berbentuk CD interaktif meliputi enam komponen, yaitu: Judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar atau materi pokok, informasi pendukung, latihan, dan penilaian. Sedangkan struktur bahan ajar interaktif berbentuk orang meliputi tujuh komponen, yaitu: judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar atau materi pokok, informasi pendukung, latihan, tugas atau langkah kerja, dan penilaian.

E.     Langkah-Langkah Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar Interaktif
Langkah-langkah penyusunan dan pengembangan bahan ajar interaktif adalah sebagai berikut:
1.      Judul diturunkan dari kompetensi dasar atau materi pokok sesuai dengan besar kecilnya materi.
2.      Petunjuk pembelajaran dituliskan secara jelas agar peserta didik mudah dalam menggunakannya.
3.      Informasi pendukung dijelaskan secara jelas, padat, dan menarik dalam bentuk tertulis atau gambar diam maupun gambar bergerak.
4.      Tugas-tugas ditulis dalam program interaktif
5.      Penilaian dapat dilakukan terhadap hasil karya dari tugas yang diberikan pada akhir pembelajaran, yang dapat dilihat oleh pendidik melalui komputer
6.      Gunakan berbagai sumber belajar yang dapat memperkaya materi. Misalnya buku, majalah, internet, dan jjurnal hasil penelitian sebagai bahan membuat program bahan ajar interaktif.
Perlu dipahami bahwa dalam pembuatan CD interaktif memerlukan aplikasi demonstrasi interaktif pada komputer. Ada berbagai jenis software aplikasi, seperti Adobe Flash Player, Macromedia Flash Player, Macromedia Flash MX, Macromedia Captivate, dan lain sebagainya.
Dalam buku yang berjudul “Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif” ini, akan mempelajari cara membuat bahan ajar CD multimedia interaktif yang menarik dengan menggunakan aplikasi Macromedia® CaptivateTM. Macromedia® CaptivateTM  adalah aplikasi yang diperuntukan bagi pengguna professional, yang dapat dengan mudah membuat demonstrasi interaktif serta simulasi dalam berbagai format, termasuk Flash (SWF) dan EXE.


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Bahan ajar interaktif merupakan bahan ajar yang mengombinasikan beberapa media pembelajaran (audio, video, teks, atau grafik) yang bersifat interaktif untuk mengendalikan suatu perintah atau perilaku alami dari suatu presentasi. Struktur bahan ajar yang berbentuk CD interaktif meliputi enam komponen, yaitu: Judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar atau materi pokok, informasi pendukung, latihan, dan penilaian. Sedangkan struktur bahan ajar interaktif berbentuk orang meliputi tujuh komponen, yaitu: judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar atau materi pokok, informasi pendukung, latihan, tugas atau langkah kerja, dan penilaian.
Langkah-langkah penyusunan dan pengembangan bahan ajar interaktif adalah sebagai berikut:
1.      Judul diturunkan dari kompetensi dasar atau materi pokok sesuai dengan besar kecilnya materi.
2.      Petunjuk pembelajaran dituliskan secara jelas agar peserta didik mudah dalam menggunakannya.
3.      Informasi pendukung dijelaskan secara jelas, padat, dan menarik dalam bentuk tertulis atau gambar diam maupun gambar bergerak.
4.      Tugas-tugas ditulis dalam program interaktif
5.      Penilaian dapat dilakukan terhadap hasil karya dari tugas yang diberikan pada akhir pembelajaran, yang dapat dilihat oleh pendidik melalui komputer
6.      Gunakan berbagai sumber belajar yang dapat memperkaya materi. Misalnya buku, majalah, internet, dan jjurnal hasil penelitian sebagai bahan membuat program bahan ajar interaktif.



DAFTAR PUSTAKA

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.  Yogyakarta: Diva Press.


No comments:

Post a Comment